Andriod Programming - Konfigurasi Environment Variable JAVA



Anda akan senang mengetahui bahwa Anda dapat memulai pengembangan aplikasi Android Anda pada salah satu sistem operasi berikut -
·      Microsoft Windows XP atau versi yang lebih baru.
·      Mac OS X 10.5.8 atau versi dengan chip Intel.
·      Linux termasuk GNU C Library 2.7 atau yang lebih baru.
Poin kedua adalah bahwa semua alat yang diperlukan untuk mengembangkan aplikasi Android yang tersedia secara bebas alias gratis dan dapat didownload dari Web .Berikut ini adalah daftar perangkat lunak Anda perlu sebelum Anda mulai pemrograman aplikasi Android:
·      Java JDK5 atau versi yang lebih baru
·      Android SDK
·      Java Runtime Environment (JRE) 6
·      Android Studio
·      Eclipse IDE untuk Java Developers (opsional)
·      Pengembangan Android Tools (ADT) Eclipse Plug-in (opsional)
Berikut dua komponen terakhir adalah bersifat opsional dan jika Anda bekerja pada sistem operasi Windows kemudian komponen ini mempermudah saat melakukan pengembangan aplikasi berbasis Java. Jadi mari kita lihat bagaimana untuk melanjutkan untuk mengatur Environment.

Set-up Java Development Kit (JDK)

Anda dapat men-download versi terbaru dari Java JDK dari website Oracle : Download JDK
Anda akan menemukan petunjuk untuk menginstal JDK di file yang didownload, ikuti instruksi yang diberikan untuk menginstal dan mengkonfigurasi setup. Kemudian setting PATH dan variabel lingkungan JAVA_HOME untuk merujuk ke direktori yang berisi java dan javac, biasanya java_install_dir / bin dan java_install_dir masing-masing.
Jika Anda menjalankan Windows dan menginstal JDK di C: \ jdk1.6.0_15, Anda harus menempatkan baris berikut di C: \ File autoexec.bat.
set PATH=C:\jdk1.7.0_75\bin;%PATH%
set JAVA_HOME=C:\jdk1.7.0_75

Atau, Anda bisa juga klik kanan pada My Computer, pilih Properties, lalu Advanced, kemudian Environment Variable. Kemudian, Anda akan memperbarui nilai PATH dan tekan tombol OK.Pada Linux, jika SDK diinstal di /usr/local/jdk1.6.0_15 dan Anda menggunakan C shell, Anda akan menempatkan kode berikut ke dalam file .bashrc Anda.

setenv PATH /usr/local/jdk1.7.0_75/bin:$PATH
setenv JAVA_HOME /usr/local/jdk1.7.0_75

Atau, jika Anda menggunakan Integrated Development Environment (IDE) Eclipse, maka akan tahu secara otomatis di mana Anda telah menginstal Java Anda.


0 Response to "Andriod Programming - Konfigurasi Environment Variable JAVA"

Posting Komentar

wdcfawqafwef